TIPS CARA CEK MOBIL SEBELUM BEPERGIAN

Salah satu hal yang utama dalam mengemudi adalah kenyamanan mobil. Performa yang baik akan memberikan kesiapan mobil untuk dikendarai kemana saja. Pemeriksaan kondisi kendaraan sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Seperti mogok atau hal kecil ban bocor, tentunya yang awalnya perjalanan menyenangkan akan berubah menjadi menyebalkan. Kondisi mobil yang prima akan membawa rasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan. Agar perjalanan anda terasa nyaman. Maka ada beberapa tips atau cara cek kondisi mobil sebelum bepergian.

ADA ENAM LANGKAH TIPS CEK MOBIL SEBELUM BEPERGIAN.

  • Air

Periksa kondisi air pada radiator mobil. Jika perlu kuras radioator dan ganti dengan air yang baru serta tambahkan dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal. Cek juga air untuk wiper agar tidak ngadat saat hujan turun.

  • Ban

Kenyamanan dalam mengendarai mobil sangat ditentukan oleh kondisi ban. Pastikan ban mobil tidak dalam kondisi kurang angin, kempes, botak, atau ada benjolan di permukaannya. Cek tekanan angin sesuai kapasitas muatan. Agar lebih nyaman sebaiknya lakukan spooring dan balancing pada ban dan jangan lupa mengecek ban cadangan.

  • Oli

Oli adalah bagian terpenting yang perlu mendapat perhatian khusus. Sebelum berangkat bepergian, pastikan oli mobil masih dalam kondisi layak pakai. Jika hampir melewati batas, segera ganti oli anda dengan oli yang baru.

  • Rem dan Kaki-kaki

Rem dan kaki-kaki biasanya dua bagian yang luput dari pemeriksaan untuk berangkat mudik. Padahal kedua komponen ini tidak kalah penting dengan komponen-komponen lainnya, tidak hanya untuk kenyamanan, tapi juga keamanan dalam berkendara. Untuk perjalanan jarak jauh jangan lupa mengecek dua hal ini.

Kampas rem biasanya tak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup bersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai. Untuk kaki-kaki, jika mobil sudah mulai bunyi saat melewati jalan rusak, tandanya bagian tersebut ada masalah. Jika tidak, cukup cek apakah ada bagian yang kendur atau tidak. Jangan lupa cek juga oli gardan dan oli perseneling yang terletak di bagian bawah mobil.

  • Suku Cadang

Selain oli, spare part juga tidak kalah penting. Mintalah pada mekanik untuk mengecek spare part rutin yang biasanya harus diganti setiap beberapa ribu kilometer. Tali kipas, motor kipas, busi, dan filter oli harus dipastikan masih dalam keadaan layak pakai dan juga kelistrikan seperti lampu, dll.

  • Kelengkapan Mobil

Persiapkan kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban lengkap di bagasi mobil seperti peralatan P3K serta segitiga pengaman. Cek masa berlaku STNK dan SIM anda. Jika semua sudah beres, kini tinggal persiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan jauh….TAKE CARE!!!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *